Rabu, 18 Maret 2015

pertemuan ke 1 tugas 2 psikoterapi



Tugas 2
1.      Jelaskan perbedaan antara psikoterapis dan konseling
Mnurut corey (2009) konseling untuk menunjukan pada proses dimana klien diberi kesempatan untuk mengeksplorasi diri yang bisa mengarah pada peninhkatan kesadaran dan kemungkinan memilih. Proses konseling sering berjangka pendek, difocuskan pada masalah-masalah, dan membantu individu dalam menyingkirkan hal-hal yang menghambat pertumbuhannya . dengan konseling, individu juga dibantu untuk menemukan sumber-sumber pribadi agar bisa hidup lebih efektif .
Sedangkan psikoterapi  sering kali difocuskan pada proses-proses tak sadar serta disbanding dengan konseling lebih banyak berurusan dengan pengubahan struktur  kepribadian. Psikoterapi lebih digerakan kearah pemahaman diri yang intensif tentang dinamika –dinamika yang bertanggung jawab atas terjadfinya krisis-krisis kehidupan daripada hanya berurusan dengan usaha mengatasi krisis kehidupan tertentu.
2.      Jelaskan bentuk-bentuk utama dari terapi
Ada tiga bentuk utama terapi menurut Nietzel (dalam Gunarsah 2007 ) yaitu:
1.      Dari segi proses : berupa interaksi antara dua pihak, formal, professional, legal dan menganut kode vetik psikoterapi
2.      Dari segi tujuan : untuk mengubah kondisi psikologis seseorang, mengatasi masalah psikologis atau meningkatkan potensi psikologis yang sudah ada
3.      Dari segi tindakan : seseorang psikoterapis melakukan tindakan terapi berdasarkan ilmu psikologi modern yang sudah teruji efektivitasnya.

sumber:

Gunarsa, S . D .2007 Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia

Corey, Gerald.2009 Teori Konseling dan Psikoterapi.Bandung: Refika Aditama
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

kholqy.psi Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template