Selasa, 29 April 2014

kesehatan mental



Nama : Siti Mayasari Kholkiyah
Npm: 17512069
Kelas : 2pa06
Kekerasan seksual adalah suatu perbuatan yang berhubungan dengan memaksa orang lain untuk melakukan hubungan seksual dengan cara-cara yang tidak wajar . terjadinya  peningkatan dengan kasus kekerasan seksual  bahkan melibatkan  keluarga atau teman dekat korban seperti yang dilakukannya seorang ayah yang bernama samsul bahri di sergab oleh pihak pilisi di rumahnya di Makasar Sulawesi Selatan alas an bahri melakukan kekerasan seksual kepada anaknya dengan alas an member pelajaran kepada anaknya, kasus ini terkuak saan korban dan adiknya melarikan diri dan melaporkan ke kepolisian terdekat atas perlakuan ayahnya terhadap koprban.
Saat diwawancarai polisi samsul bahri mengatakan bahwa mengira bahwa korban sudah pernah tidur dengan laki-laki lain yang membuat kekesalan dan amarah samsul bahri meningkat dan mendorong kelakuan keji tersebut. Dengan rasa kesal samsul bahri menghampiri putrinya dengan membawa sebuah golok yang disodorkan pada anaknya dan  memaksa anaknya untuk melakukan hubungan seksual . korban tidak bisa menolak karena ayahnya mengancam akan  membunuhnya dengan golok yang dipegangnya.
Dalam teori psikoanalisa samsul bahri mengalami kelemahan pada ego dan super ego, ego disini tidak bias menengahi antara id dan super ego sehingga id disini lebih dominan, samsul bahri tidak bisa mengatasi tekanan emosi dan kecemasannya sehingga tidak dapat mengontrol atau menahan keinginan atau dorongan yang tidak baik. Menurut teori  psikoanalisia disini tersangka memiliki kepribadian yang tidak normal karena tidak memenuhi criteria  kepribadian normal menurut teori psikoanalisa, berikut keperibadian yang normal (sehat) menurut teori psikoanalisa:
1. Kepribadian yang sehat menurut Freud adalah jika individu bergerak menurut pola perkembangan yang ilmiah.
2.      Kesehatan mental yang baik adalah hasil dari keseimbangan antara kinerja super ego terhadap id dan ego.
3.      Kemampuan dalam mengatasi tekanan dan kecemasan, dengan belajar
4.      Tidak mengalami gangguan dan penyimpangan pada mentalnya
5.      Dapat menyesuaikan keadaan dengan berbagai dorongan dan keinginan

Dengan rasa takutnya korban melaporkan ayahnya pada pihak kepolisian karena  korban ingin bangkit dan menghentikan kejahatan ayah kandungnya tersebut. Korban ingin meninggalkan kepahitan masalalunya itu dan ingin mendapatkan keadilan .  Bagi ahli-ahli psikologi humanistik, manusia jauh lebih banyak memiliki potensi. Manusia harus dapat mengatasi masa lampau, kodrat biologis, dan ciri-ciri lingkungan. Manusia juga harus berkembang dan tumbuh melampaui kekuatan-kekuatan negatif yang secara potensial menghambat.
Gambaran ahli psikologi humanistik tentang kodrat manusia adalah optimis dan penuh harapan. Mereka percaya terhadap kapasitas manusia untuk memperluas, memperkaya, mengembangkan, dan memenuhi dirinya, untuk menjadi semuanya menurut kemampuan yang ada. Definisi diatas sangat penting khususnya pada korban kekerasan seksual yaitu rangkulan, penerapian dan menanamkan sifat optimis dan maju serta tida tenggelam pada masa lalunya. Manusia bertanggung jawab terhadap hidup dan perbuatannya serta mempunyai kebebasan dan kemampuan untuk mengubah sikap dan perilaku mereka.



0 komentar:

Posting Komentar

 

kholqy.psi Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template