Rabu, 01 Januari 2014

makalah 1 (pengertian internet dan sejarahnya)



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks,grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait. Dibawah ini saya akan menjelaskan lebih terperinci lagi tentyang pengertian internet.
B.     Rumusan masalah
1.      Jelaskan apa pengertian internet dan sejarahnya ?
2.      Sebutkan berapa jenis koneksi internet ?
3.      Sebutkan jenis hubungan koneksi internet ?
4.      Apa saja perangkat yang dibugtuhkan?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian dan Sejarah Internet
Apakah Pengertian Internet itu? Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Pada awalnya internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia telah mencapai jumlah lebih dari dua ratus lima puluh juta orang, dan jumlah itu masih akan terus bertambah lagi. Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal di pedesaan pun juga dapat mengakses internet.
Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
B.     Koneksi ke internet

1.      Layanan online
Layanan online atau Layanan elektronik atau E-Layanan (Electronic Services) merupakan satu aplikasi yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah yang berbeda. Pelayanan Online adalah pelayanan melalui jaringan network dengan menggunakan chatting atau cara iklan lainnya di internet. Seperti layanan iklan gambar, suara dan lainnya. Maksud dari layanan online adalah memberikan akses yang lebih luas dan mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi dan layanan publik.
Salam kepada pakar & peminat hukum Telematika :-)

2.      Lembaga Badan Hukum
ada beberapa bahasa hukum indonesia yang jika dibenturkan dengan bahasa dalamUU-ITE atau dalam Hukum Telematika, maupun dalam lingkup Teknologi Informasisesungguhnya memiliki pengertian sangat berbeda. Misalkan contoh dibawah ini

·         Execution / Eksekusi

pengertian *.exe pada computer adalah file yang berfungsi untuk menjalankansuatu software [misalkan words.exe, excel.exe]. Berbeda pengertian pengertian hukum, yang dimaksud eksekusi dalam hukum acara adalah suatu upaya baikdengan cara paksa maupun sukarela untuk melaksanakan suatu isi putusan atausuatu perjanjian. Bahkan dalam hukum pidana biasa digunakan istilah eksekusihukuman mati.

3.      Internet service provider (ISP)
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh.

C.     Jenis hubungan kineksi internet
Untuk memiliki akses ke INTERNET atau mengirimkan data ke INTERNET ditempuh dengan berbagai model koneksi. Setiap jenis koneksi memiliki keuntungan yang berbeda. Koneksi ke internet Pada dasarnya terdapat tiga jenis layanan yang dapat anda peroleh dari penyedia layananInternet :

1.      Account shell unix
Account shell adalah account dial-up pada server akses-publik yang menjalankan system opersai Unix. Kebanyakan server di Internet menjalankan Unix karena protokol yang digunakan di Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang kebetulan digunakan oleh server Unix untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Mengakses shell account tidaklah sulit, yang diperlukan hanyalah program emulasi terminal dasar seperti Windows Terminal.

2.      Account UUCP (Unix to Unix Copy Protocol)
Account jenis ini menyediakan pola koneksi yang relatif paling murah. Service yang dapat disediakan oleh pola koneksi ini meliputi e-mail dan newsgroup. Pengguna akan menelfon ISP dan ketika terjadi kontak akan dilakukan transfer data dari pengguna ke  ISP yang akan pendidikan seperti Universitas Gunadarma yang sudah mempunyai koneksi langsung keInternet, sehingga tidak perlu dipikirkan biaya pulsa yang dibayar

3.      Account SLIP dan PPP
Apabila diinginkan antarmuka grafis dan kemampuan menjalankan program Internet apapun yang berbasis Windows dari PC di rumah anda seperti browser Web Netscape, perlu mendapatkan
account SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol). Baik SLIP maupun PPP pada dasarnya mengerjakan hal yang sama yaitu mensimulasi koneksi jaringan dengan menggunakan modem. Dalam koneksi jaringan normal, PC dikoneksi ke jaringan
dengan menggunakan Network Interface Card (NIC). NIC ditancapkan (plug) ke PC, dan dari card tersebut terkoneksi ke kabel yang terkoneksi ke jaringan. Tetapi dengan SLIP dan PPP, tidak diperlukan kartu jaringan (network card). Yang diperlukan adalah perangkat lunak yang sesuai dan modem anda menggantikan fungsi kartu jaringan tersebut. SLIP hanya memberikan konektivitas dasar, namun PPP menambahkan fasilitas pemeriksaan kesalahan dan keotentikan, sehingga tercipta protokol yang lebih andal. Serial Line Internet Protocol (SLIP) dan PPP (Point to Point Protocol) bekerja diatas serial line, dan membutuhkan infomrasi tambahan. Karena koneksi SLIP dan PPP hanya antara dua mesin, source dan destination IP address dibutuhkan. Juga serial port identifies termasuk interrupt vector yang digunakan. Serial line harus dikonfigurasi dengan benar sebelumnya. Koneksi SLIP membutuhkan pengaturan netmask, sedang PPP tidak. PPP lebih
bail dari pada SLIP. SLIP hanya medukung komunikasi asinkon saja, sedang PPP mendukung asinkron dan sinkron. SLIP dapat membutuhkan jalur khusus yang berhubungkan, sdan PPP dapat menggunakan bergantian dengan program lainnya seperti UUCP. SLIP kurang memiliki deteksi error, dan PPP memilikinya. PPP adalah protokol yang lebih baik dibanding SLIP, tetapi SLIP lebih nayak tersedia pada impelemntasi operating sistem.

D.    Perangkat yang dibutuhkan

Untuk mengakses Internet, ada beberapa perangkat yang diperlukan:
a.        Komputer, sebaiknya yang dapat menjalankan Microsoft Windows.
b.       Modem, sebaiknya yang dapat dijalankan dengan kecepatan sedikitnya 14,4 kbps (kilobit   per detik) atau lebih cepat dari itu. Bergantung dengan jenis jalur komunikasi yang digunakan.
c.       Perangkat lunak koneksi.
d.      Penyedia akses Internet.
e.        Jalur komunikasi
f.       Perangkat jaringan tambahan (untuk Corporate Connection)

Selain itu juga harus dimiliki memori (RAM) yang memadai dan hard disk dengan kapasitas
yang cukup. Perangkat lunak koneksi yang dibutuhkan sangat bergantung pada jenis koneksi
yang dimiliki ke Internet. Beberapa metode akses memerlukan program perangkat lunak
khusus, sementara yang lainnya hanya memerlukan jenis perangkat lunak koneksi tertentu.



















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969. Beberapa koneksi ke internet ialah
1.      Layanan online
2.      Lembaga Badan Hukum
3.      Internet service provider (ISP)

Jenis hubungan kineksi internet ialah:
1.      Account shell unix
2.      Account UUCP (Unix to Unix Copy Protocol)
3.      Account SLIP dan PPP

Perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses  internet ialah:
1.      Komputer, sebaiknya yang dapat menjalankan Microsoft Windows.
2.       Modem, sebaiknya yang dapat dijalankan dengan kecepatan sedikitnya 14,4 kbps (kilobit   per detik) atau lebih cepat dari itu. Bergantung dengan jenis jalur komunikasi yang digunakan.
3.      Perangkat lunak koneksi.
4.      Penyedia akses Internet.
5.       Jalur komunikasi
6.      Perangkat jaringan tambahan (untuk Corporate Connection)



DAFTAR PUSTAKA
Sadiman. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga
http://www.sejarah-internet.com/pengertian-internet/

0 komentar:

Posting Komentar

 

kholqy.psi Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template