Rabu, 27 November 2013

Aspek psikologis dari individu pengguna internet dan aspek demografis dAri individu pengguna internet



Aspek psikologis dari individu pengguna internet dan aspek demografis dAri individu pengguna internet  )

A.      Aspek Psikologis dari Individu Pengguna Internet

Internet  memberikan dampak negatif bagi penggunanya, khususnya dikalangan remaja? Dampak negatif ini tidak lain berasal dari adiksi (ketergantungan) pada permainan online, cybersex, role-playing fantasi. Kerancuan identitas inpun disorot sebagai dampak buruk penggunaan internet, ancaman lainnya adalah bullying, child pornography dan penyebaran pedophilia melalui internet. berbagai dampak negatif tersebut diduga karena efek anonimitas di dunia maya. Bahwa godaan anonimitas, multiplisitas dan invisibility yang terjadi saat pembuatan identitas online menjadi faktor penyebab berbedanya perilaku seseorang didunia maya.
Terlepas dari berbagai sorotan dampak negatif interaksi diri dan internet terdapat pula dampak positif penggunaan internet. Analisis situs pribadi gadis remaja yang dilakukan oleh Stern (2002) menunjukkan bahwa internet memberikan kesempatan yang baik bagi anak-nak untuk mengekspresikan diri serta mengembangkan pengertian social.

B.       Aspek Demografis dari Individu Pengguna Internet

Internet merupakan hal yang penting bagi manusia di masa kini. Manusia menggunakan internet dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam ilmu pengetahuan, pendidikan bahkan dalam aspek sosial. Keterkaitan manusia dengan internet sudah sangat mengglobal karena dengan menggunakan internet kita dapat mengakses berbagai situs dari seluruh dunia.
Dalam internet ada beberapa hal yang mempengaruhi interaksi manusia dan internet seperti gender, usia dan budaya. Hal-hal ini mungkin terlihat sepele dan tidak relevan tetapi hal-hal ini memiliki kaitan yang erat dalam interaksi manusia dan internet.
          Gender merupakan perbedaan yang sangat besar dan terlihat di dalam interaksi manusia. Tetapi bagai mana dengan interaksi di dalam internet? Dalam internet kita tidak dapat melihat orang yang kita ajak berinteraksi secara langsung. Banyak pengguna internet beranggapan bahwa orang yang sedang berinteraksi adalah laki-laki. Hal ini di sebabkan oleh mayoritas halaman internet yang di kunjungi adalah game online dan hal lain yang lebih di sukai oleh laki-laki. Tetapi lain halnya dalam media sosial yang menyertakan nama dan foto sang pengguna.
   Keterkaitan manusia dengan internet dalam bidang budaya adalah kita dapat memanfaatkan internet untuk menyebarkan budaya yang ada di Indonesia.

Semoga bermanfaat ^_^
Manjadda wa jadda

0 komentar:

Posting Komentar

 

kholqy.psi Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template