Rabu, 27 November 2013

pengantar internet

pengantar internet


Assalamualaikum. Wr. Wb
 Disini saya akan sedikit menjelaskan tentang pengertian internet dan lainnya yang berhubungasn dengan internet
Dibawah ini ada sedikit penjelasannya nichhhh
a.      Pengertian internet 
Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
b.      Sejarah internet
Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
c.       Koneksi  internet

1.      Layanan online
Layanan online atau Layanan elektronik atau E-Layanan (Electronic Services) merupakan satu aplikasi yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah yang berbeda. Pelayanan Online adalah pelayanan melalui jaringan network dengan menggunakan chatting atau cara iklan lainnya di internet. Seperti layanan iklan gambar, suara dan lainnya. Maksud dari layanan online adalah memberikan akses yang lebih luas dan mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi dan layanan publik.
2.      Lembaga Badan Hukum
ada beberapa bahasa hukum indonesia yang jika dibenturkan dengan bahasa dalamUU-ITE atau dalam Hukum Telematika, maupun dalam lingkup Teknologi Informasisesungguhnya memiliki pengertian sangat berbeda. Misalkan contoh dibawah ini

·         Execution / Eksekusi

pengertian *.exe pada computer adalah file yang berfungsi untuk menjalankansuatu software [misalkan words.exe, excel.exe]. Berbeda pengertian pengertian hukum, yang dimaksud eksekusi dalam hukum acara adalah suatu upaya baikdengan cara paksa maupun sukarela untuk melaksanakan suatu isi putusan atausuatu perjanjian. Bahkan dalam hukum pidana biasa digunakan istilah eksekusihukuman mati.

3.      Internet service provider (ISP)
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.

d.      Jenis hubungan kineksi internet

Untuk memiliki akses ke INTERNET atau mengirimkan data ke INTERNET ditempuh dengan berbagai model koneksi. Setiap jenis koneksi memiliki keuntungan yang berbeda. Koneksi ke internet Pada dasarnya terdapat tiga jenis layanan yang dapat anda peroleh dari penyedia layananInternet :

1.      Account shell unix
Account shell adalah account dial-up pada server akses-publik yang menjalankan system opersai Unix. Kebanyakan server di Internet menjalankan Unix karena protokol yang digunakan di Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang kebetulan digunakan oleh server Unix untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Mengakses shell account tidaklah sulit, yang diperlukan hanyalah program emulasi terminal dasar seperti Windows Terminal.

2.      Account UUCP (Unix to Unix Copy Protocol)
Account jenis ini menyediakan pola koneksi yang relatif paling murah. Service yang dapat disediakan oleh pola koneksi ini meliputi e-mail dan newsgroup. Pengguna akan menelfon ISP dan ketika terjadi kontak akan dilakukan transfer data dari pengguna ke  ISP yang akan pendidikan seperti Universitas Gunadarma yang sudah mempunyai koneksi langsung keInternet, sehingga tidak perlu dipikirkan biaya pulsa yang dibayar

3.      Account SLIP dan PPP
Apabila diinginkan antarmuka grafis dan kemampuan menjalankan program Internet apapun yang berbasis Windows dari PC di rumah anda seperti browser Web Netscape, perlu mendapatkan account SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol). Baik SLIP maupun PPP pada dasarnya mengerjakan hal yang sama yaitu mensimulasi koneksi jaringan dengan menggunakan modem. Dalam koneksi jaringan normal, PC dikoneksi ke jaringan dengan menggunakan Network Interface Card (NIC). NIC ditancapkan (plug) ke PC, dan dari card tersebut terkoneksi ke kabel yang terkoneksi ke jaringan. Tetapi dengan SLIP dan PPP, tidak diperlukan kartu jaringan (network card). Yang diperlukan adalah perangkat lunak yang sesuai dan modem anda menggantikan fungsi kartu jaringan tersebut. SLIP hanya memberikan konektivitas dasar, namun PPP menambahkan fasilitas pemeriksaan kesalahan dan keotentikan, sehingga tercipta protokol yang lebih andal. Serial Line Internet Protocol (SLIP) dan PPP (Point to Point Protocol) bekerja diatas serial line, dan membutuhkan infomrasi tambahan. Karena koneksi SLIP dan PPP hanya antara dua mesin, source dan destination IP address dibutuhkan. Juga serial port identifies termasuk interrupt vector yang digunakan. Serial line harus dikonfigurasi dengan benar sebelumnya. Koneksi SLIP membutuhkan pengaturan netmask, sedang PPP tidak. PPP lebih
baik dari pada SLIP. SLIP hanya medukung komunikasi asinkon saja, sedang PPP mendukung asinkron dan sinkron.

e.       Perangkat yang dibutuhkan

Untuk mengakses Internet, ada beberapa perangkat yang diperlukan:
a.        Komputer, sebaiknya yang dapat menjalankan Microsoft Windows.
b.       Modem, sebaiknya yang dapat dijalankan dengan kecepatan sedikitnya 14,4 kbps (kilobit   per detik) atau lebih cepat dari itu. Bergantung dengan jenis jalur komunikasi yang digunakan.
c.       Perangkat lunak koneksi.
d.      Penyedia akses Internet.
e.        Jalur komunikasi
f.       Perangkat jaringan tambahan (untuk Corporate Connection)

Mungkin sampai disini,,,,,,semoga bermanfaat baik bagi yang menulis dan yang membacanya
”Man jadda wa jadda”
Wassalamualaikum. Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar

 

kholqy.psi Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template