Rabu, 27 November 2013

dampak social dari interaksi manusia dan internet



dampak social dari interaksi manusia dan internet


Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan perubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.
     Penggunaan teknologi berkembang dengan cepat, sejak PC (tahun 70-an) dalam segala bidang kehidupan (seperti, pendidikan, perdagangan, dan militer). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah kondisi dimana manusia menjadi bergantung pada teknologi, terbentuk.
     Dewasa ini, teknologi merupakan hal yang paling digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Tidak heran jika banyak interaksi manusia dan komputer terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
     Beberapa alat teknologi yang populer tersebut meliputi komputer, handphone, iPad, dan alat elektronik lain yang dinggap bukan hanya sebagai pendukung kecakapan sehari-hari, tetapi juga sebagai peninjau gaya hidup kalangan tertentu.
     Beberapa orang atau praktisi pendidikan menjadikan interaksi manusia dan komputer sebagai suatu kebutuhan untuk mengakses berbagai informasi yang ada di dunia. Dari mulai informasi lingkungan pendidikan dalam negeri, luar negeri, bahkan hal lain yang berpengaruh terhadap proses pendidikan.
     Tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam interaksi (antarmuka) terhadap sistem. Pengaruh itu sendiri tidak hanya pengaruh positif saja, tetapi ada juga pengaruh negatif nya. Interaksi manusia-komputer memiliki fokus perhatian yang luas dan memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer.
Apabila ditinjau dari segi positif terhadap internet mempunyai dampak sebagaiberikut:
a.       Membuat masyarakat menjadi lebih inovatif dan kreatif karena mudahnya akses informasi yang diberikan internet.
b.      Membuat masyarakat lebih sadar mengenai hal-hal yang terjadi disekitarnya.
c.       Mengikis kesenjangan informasi antara masyarakat desa dan kota, karena masyarakat desa pun kini bisa mengakses informasi yang sama dengan masyarakat yang ada di perkotaan.

Sedangkan efek negatif yang diberikan internet sebagai berikut:
a.       Mengikis kecintaan masyarakat kepada budaya aslinya, akses mudah yang diberikan internet mengenai dunia luar bisa mempengaruhi kebudayaan suatu masyarakat.
b.      Mempengaruhi pola pikir masyarakat menjadi sekularisme.
c.       Merusak moral mayarakat dengan banyaknya situs porno dan perjudian.

SEMOGA BERMANFAAT ^_^
Man jadda wa jadda





















0 komentar:

Posting Komentar

 

kholqy.psi Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template